Pengertian baliho adalah media promosi atau iklan yang cukup maju dan berteknologi. Karena sebelum ada baliho, tampilan iklan hanya menggunakan komputer lalu dicetak pakai print digital hasil cetaknya berbentuk potrait dan vertikal.
Berikut penjelasan lengkap dari baliho, beserta ciri-ciri baliho, fungsi dari baliho, jenis-jenis baliho, dan contoh baliho.
Pengertian Baliho
Pengertian baliho adalah sarana atau media yang digunakan untuk kegiatan promosi event yang berhubungan dengan masyarakat luas.
Baliho juga sering dianggap sebagai iklan yang digunakan untuk promosi produk terbaru dari perusahaan dan sebuah menyebarkan informasi penting ke khalayak umum.
Menurut KBBI atau Kamus Besar Indonesia, baliho adalah media publikasi yang berlebihan dari segi ukuran, biasanya berupa gambar besar dan diletakan ditempat yang ramai, tujuannya untuk menarik perhatian masyarakat.
Baliho digambarkan sebagai poster yang punya ukuran lebih besar dari ukuran poster pada umumnya sekitar 2 – 4. Makanya baliho bisa dibilang sebagai poster yang punya ukuran besar.
Karena seperti yang diketahui kalau poster punya ukuran internasional yaitu A0, A1, A2 dan A3. Lalu bedanya baliho dan poster lainnya adalah adanya display sistem.
Biasanya baliho punya display dengan sistem dudukan atau kaki yang berbentuk X,Y, donut atau ring. Selain itu ada model lain untuk display sistem seperti moving roll baliho atau baliho yang dapat diputar, dan hanging baliho atau baliho yang bisa digantung.
Baliho semakin dikenal oleh perusahaan dan masyarakat sebagai bagian dari kemajuan teknologi khususnya mesin cetak digital dan ilmu pengetahuan.
Selain baliho media lain yang bisa digunakan adalah pamflet, buletin, majalah, brosur dan lainnya.
Ciri-ciri Baliho
Dari pengertian baliho di atas dapat disimpulkan kalau baliho punya ciri-ciri sebagai berikut :
- Umumnya ukuran baliho sekitar 4×6 meter.
- Baliho digunakan untuk promosi atau mengiklankan sebuah event produk tertentu. Seperti dealer, mall, caleg pemilu, bank, asuransi dan lainnya.
- Biasanya baliho diletakkan di pinggir jalan yang ramai, agar banyak masyarakat yang lihat.
- Proses pemasangan dan pembongkaran baliho cukup mudah, praktis dan cepat saat dilakukan.
- Baliho sangat mudah untuk dipindahkan ke tempat manapun, mudah digulung, dan praktis.
Fungsi Baliho
Fungsi baliho sebagai media promosi produk, event atau informasi tertentu yang sifatnya penting. Fungsi lainnya dari baliho sebagai berikut :
- Bertujuan untuk menyampaikan materi atau informasi iklan pada masyarakat luas.
- Tindakan promosi kontemporer atau promosi yang dilakukan dengan cara instan.
- Membantu menaikkan penjualan atau market dari suatu produk yang sedang dipromosikan.
- Membantu menaikkan popularitas suatu perusahaan.
- Mempromosikan produk dengan cukup mudah dan biaya yang cukup terjangkau.
Jenis-Jenis Baliho
Baliho dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dari ukuran dan jenis bahannya, sebagai berikut :
Baliho vertikal
Memiliki ukuran sekitar 2×3 meter atau 4×6 meter. Biasanya bahan yang dipakai adalah papan triplek, kertas, kain, dan dipasang di tiang.
Baliho horizontal
Berukuran sekitar 3×4 meter, biasanya terbuat dari bahan triplek, kertas stiker, kain dan bisa dibuat dari konstruksi yang lebih kokoh.
Flexi jerman
Jenis baliho ini punya kualitas bahan yang lebih bagus dan harganya tentu mahal. Bahannya punya pori-pori yang cukup halus dibandingkan baliho jenis flexi cina atau korea.
Flexi korea atau flexi cina
Kedua bahan baliho ini punya kualitas yang cukup sama. Dibandingkan dengan flexi jerman, flexi korea/flexi cina punya pori-pori bahan yang agak kasar.
Abadros
Mempunyai kualitas yang lebih bagus dan baliho jenis ini cocok diletakan ditempat indoor. Kelebihannya, punya permukaan yang halus, sehingga hasil desain terlihat lebih bagus dari yang lain.
Reklame komersial
Berisi informasi produk yang ditujukan untuk masyarakat, agar mereka tertarik dan membeli produk tersebut.
Reklame sosial
Berisi sebuah himbauan atau informasi yang bertujuan untuk mengajak masyarakat melakukan tindakan tertentu yang bersifat positif.
Contoh Baliho
Sebagian besar baliho sering ditemukan di pinggir jalan besar lintas kota dan sering dilalui oleh banyaknya pengendara.
Di setiap kota ada kumpulan baliho di pinggir jalan, seperti papan iklan kendaraan/dealer, universitas, toko elektronik, bank, mall dan jenis iklan lainnya.
Berikut beberapa contoh baliho :
Baliho untuk sekolah
Berisi informasi atau menerangkan seputar dunia sekolah seperti informasi penerimaan siswa baru, seminar pendidikan, himbauan dan lainnya.
Baliho untuk caleg
Bertujuan memberikan informasi tentang daftar calon legislatif atau seputar dunia politik.
Baliho yang keren
Menyajikan informasi dengan dengan yang keren dan menarik, sehingga banyak masyarakat yang berminat untuk membaca baliho lebih lama.
Baliho untuk pendidikan
Memberikan informasi tentang dunia sekolah, beasiswa, atau hal lainnya yang berkaitan dengan dunia pendidikan.
Baliho untuk acara keagamaan
Berisi informasi tentang keagamaan seperti acara maulid, isra miraj, dan acara keagamaan lainnya.
Baliho acara musik
Berisi informasi tentang dunia musik, biasanya baliho ini digunakan saat ada pertunjukkan musik dan lainnya.
Baliho untuk larangan merokok
Memberikan himbauan kepada masyarakat tentang larangan untuk merokok, dan biasanya ditambahkan desain yang sesuai atau ditambahkan dampak dari merokok.
Baliho rental mobil dan motor
Berisi informasi tentang tempat dan harga rental mobil atau motor, bertujuan untuk menarik minat masyarakat agar mereka mau menyewa motor atau motor di tempat rental tersebut.
Kesimpulannya pengertian baliho sebagai media promosi atau iklan bertujuan agar masyarakat mendapatkan informasi tentang produk, tertarik dengan produk dan punya keinginan untuk membeli produk tersebut. Sekian informasi tentang baliho semoga dapat menambah wawasan kita tentang Bahasa Indonesia yang baik dan benar., semoga bermanfaat!